Labels

Saturday, June 03, 2017

Cara Reservasi dan Booking Menggunakan Eurail

Hallo pengunjung setia wadezigdezig.blogspot.com, kali ini saya akan meneruskan artikel saya, mengenai bagaimana cara kita melakukan reservasi + booking kereta dengan menggunakan Eurail, yang mana pada artikel sebelumnya saya membahas tentang noda transportasi apa saja yang bisa anda pilih selama di eropa.

Pertama, anda harus sudah memiliki tiket eurail, selanjutnya masuk ke webiste ini, silakan melakukan pendaftaran terlebih dahulu, setelah anda melakukan pendaftaran silakan aktivasi account anda dan melakukan login.
(Gambar 1)
Saat anda dibawa ke halaman dashboard, pilihlah halaman my profile, input terlebih dahulu data diri anda sebelum membuat rute perjalanan andam seperti gambar dibawah ini :

(Gambar 2)

Selanjutnya mulailah mencari perjalanan yang anda inginkan pada halaman my itinerary dan mengklik new trip akan tampil pop up seperti dibawah ini :

(Gambar 3)

Nah nanti keluar hasilnya dan silakan pilih, disini ada informasi mana tiket yang membutuhkan reservasi dan booking dan mana yang tidak membutuhkannya contoh pada gambar 4, dapat dilihat pada perjalan dari SALZBURG HBF (Austria) to MUENCHEN HBF (Germany) tidak membutuhkan reservasi sedangkan perjalanan selanjutnya membutuhkan reservasi. 

(Gambar 4)
Selanjutnya silakan anda melakukan pembayaran pada kasus saya gambar 4 tiket sudah dilakukan pembayaran sehingga tidak ada tombol add payment disana. 

Hal yang perlu diketahui untuk tiket dibagi menjadi 2, yaitu E-Ticket dan Paper. 
Untuk E-Ticket, tiket anda akan dikirim ke email anda, sedangkan untuk paper, tiket akan dikirimkan ke alamat anda, contoh tiket bisa dilihat pada gambar 5 oh iya, tiket dikirim dari Singapore bukan dari Eropa seperti pemikiran saya diawal.

Selain itu setiap kita melakukan reservasi kereta kita dikenakan biaya booking kereta sebesar 8 Euro, jadi jika anda tertarik untuk menggunakan eurail jangan sampe lupa untuk menghitung biaya booking dan reservasi kereta anda, karena saya cukup terkejut setelah mengetahui total uang yang saya keluarkan, yang mana mencapai 2 digits hahaha. 


(Gambar 5)

Untuk memesan kereta malam anda bisa memilih kelas sesuai budget anda, contoh seperti pada gambar 6, pilihan pertama saya adalah First class double sleeper, dan pilihan kedua saya adalah First class seat, berhubung saya tidak kebagian  First class double sleeper sehingga pihak eurail membooking tiket saya First class seat (sebenernya saya merasa beruntung sih saya tidak kebagian first class double sleeper, why? harga reservasi untuk first class seat saja sudah bikin saya melongo apalagi option pertama saya hahaha. Tap jangan kawatir, jika anda sudah memesan dan tidak setuju anda diizinkan untuk melakukan pembatalan (jangan kaya saya, I don't have any choice, so I bought that ticket hahaha)

(Gambar 6)

Sebelum saya tutup, anda  dapat meminta untuk di -booking-kan tiket kereta yang selalu di dekat jendela, enak kan jadi bisa sambil liat-liat pemandangan. Oh iya, saya tidak dikenakan biaya kirim untuk pemesanan tiket type paper. Jadi saran saya langsung saja anda melakukan reservasi kereta jika sudah ada tiketnya, jangan seperti saya digantung, gara-gara tiket gambar 6 keluarnya lama sekali (saya tanya ke customer servicenya, cycle dia update data 6 bln sekali) dan amit-amit tiket yang diincer tiba-tiba sold out bisa bad mood deh :P

Untuk total biaya nanti ya, saya akan buatkan total biaya perjalanan saya keseluruhan. Semoga bermanfaat :D

No comments: