Labels

Tuesday, June 06, 2017

Mengajukan Visa Belanda Menggunakan Surat Kunjungan

Okai, kali ini saya akan membahas apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan visa Belanda.
Perlu diketahui saat ini jika anda ingin mengajukan visa Belanda, anda tidak datang ke kedutaan lagi, anda harus datang ke VFS (Agent).

Hal pertama yang perlu anda persiapkan (Berdasarkan Pengalaman Saya), adalah :
  1. Invitation letter
    Berhubung saya menggunakan surat undangan dari saudara saya surat ini sangat penting. Jangan lupa lampirkan rekening dan kontrak kerja karyawan dari pengundang. Berkas yang anda masukan di VFS adalah fotocopy dari invitation letter.
  2. Surat Keterangan Kerja
    Surat yang menerangkan anda bekerja di perusahaan apa. (Inggris)
  3. KTP dan KK 
    KTP dan KK saya translate sendiri. Contoh seperti gambar 1 dan 2 ya.

    Gambar 1. Contoh KTP

  4. Gambar 2. Contoh KK
  5. Itinerary
    Rencana perjalanan anda, tentu sangat dibutuhkan. Buatlah sesuai dengan kenyataan sehingga terhindar dari masalah2x yang akan muncul nantinya.
  6. Booking Hotel dan Pesawat
    Lampirkan juga booking hotel dan pesawat anda, untuk kasus saya, saya tidak melampirkan penginapan di Belanda hal ini dikarenakan saya akan menginap di saudara saya selaku pengundang.
  7. Eurail
    Anda akan diminta untuk membuktikan bagaimana cara anda berpindah tempat, bisa dengan lampirkan pembelian eurail, saat saya apply Visa, saya hanya melampirkan Eurail saya dan tidak melampirkan reservasi kereta saya.
  8. Mendaftar di VFS
    Buatlah temu janji dengan agent sebelum anda memasukan berkas anda.
  9. Fotocopy Rekening Tabungan
    Nah sebenernya ada yang bilang gak perlu karena anda undangan jadi yang dilihat hanya rekening pengundang saja, tetapi ada juga yang bilang perlu, saya memilih untuk menyertakan fotocopy rekening saya, berapa uang yang dibutuhkan? Dari informasi yang saya cari saya menemukan bahwa setidaknya 34 euro/day.
Itulah hal-hal yang saya siapkan untuk pengajuan visa saya, dan 1 minggu kemudia saya sudah dapat informasi bahwa visa saya sudah diambil. Saat pengambilan visa rasanya deg-degan banget walaupun harus ditutup dengan happy ending :P

Tips: saat ke VFS dateng lah ontime, anda diperbolehkan masuk lima menit sebelum waktu janji anda, yang kedua jangan hidupkan HP anda, saya di tegur oleh satpam karena menghidupkan hp (maaf norak niat mau dengerin lagu doang sebenernya), jangan lupa paling cepet anda datang ke VFS adalah 3 bulan dari jadwal keberangkatan anda dan tips terakhir letak loket netherland ada dipaling ujung kanan, jangan sampe salah tunggu ya.

Semoga tipsnya bermanfaat yaaa

3 comments:

Anonymous said...

"jangan lupa paling cepet anda datang ke VFS adalah 3 bulan dari jadwal keberangkatan anda dan tips terakhir letak loket netherland ada dipaling ujung kanan, jangan sampe salah tunggu ya."

Kalo mepet2 gitu ga bisa ya mba? misal saya mau berangkat awal July 2017 kemudian, rencana apply visa tgl 12 Jun 2017.

Giz said...

Saran dari saya jangan mepet2x ya, soalnya kalo ada visa pertama kamu ditolak nanti kamu gak punya waktu buat mengajukan lagi. Setau saya minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.

Unknown said...

Hallo mbak,saya galau Dan minder nih.. Mohon pencerahannya

saya berencana akan ke Belanda 2018 tahun depan dengan menggunakan Surat undangan Dan sponsor dari sahabat saya yang tinggal disana..

Yang saya ingin tanyakan..
Saya Sudah tidak bekerja di perusahan tempat says bekerja dahulu dan Saya tidak memiliki rekening..

Apakah masih mungkin pengajuan visa dari saya (yang saat ini bekerja dirumah di bidang catering kecil kecilan) di terima walaupun biaya keberangkatan/kepulangan, makan dan akomodasi di tanggung oleh pihak sahabat saya selama saya disana?

Kemudian saya belum paham point no.6 yaitu "Eurail" walaupun sudah dibaca berkali Kali.. Maaf mbak :(